Presentasi Laporan Akhir Pekerjaan Studi kelayakan Master Plan Pelabuhan Bilato

Info Gorontalo (IG)- Presentasi Laporan Akhir, Pekerjaan Studi kelayakan Master Plan (MP) Pelabuhan Bilato Kabupaten Gorontalo Senin (17/12) Pukul 14.00 Wita.

Menariknya, pembuatan pelabuhan di salah satu desa bilato, dengan melihat adanya perkembangan yang begitu pesat di era milenial, bilato dicanangkan menjadi salah satu desa penghubung jalur perairan ke sumalata dan Tilamuta.

Serta daya tampung bisa terkolektivitas, antara Bilato, Kota Gorontalo dan Tilamuta karena mengingat tilamuta juga memiliki pelabuhan penghubung.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo, Ruslan Tantu, mengatakan bahwa terkait dengan perencanaan pembuatan pelabuhan bilato akan di laksanakan 2 tahun kedepan dan adanya pelabuhan tersebut bukan serta merta menjadi pusat pelabuhan yang menggantikan pelabuhan Kota Gorontalo.

"ini baru di mulai dan masi dalam tahap perencanaan untuk mengantisipasi perkembangan-perkembangan kedepan di dunia transportasi maupun arus barang”. Ungkap Ruslan

Ia menambahkan, Terkait perencanaan pelabuhan bilato, belum adanya Izin Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), Namun perencanaan tersebut sangat di apresiasi oleh unsur pemerintah desa serta masyarakat.

" Tahapan pertama kita melakukan Visibilitis, ke 2 pelaksanaan Master Plan (Rencana Induk Pelabuhan), Rekomendasi dari navigasi, pemaparam dokumen ke kementerian,untuk validasinya" Tutur Ruslan

Sementara, Iksan Puata Dehi selaku Kepala Desa Taulaa kecamatan Bilato mengatakan, perencanaan pelabuhan tersebut mengingatkan desa tersebut yang dahulunya sempat berdiri pelabuhan pada jaman belanda.

Manfaat Pembuatan pelabuhan Bilato terutama dapat membantu pengurangan tingkat kemiskinan yang ada, serta meminimalisir kurva pengangguran.

Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Selmin mengatakan, berdasarkan kajian, Pemkab dalam hal ini membagi wilayah dimana, daerah pulubala dan boliyohuto sebagai daerah industri. Ketika perancanaan terterima oleh semua pihak maka akan berdampak positif yakni terbangun kawasan ekonomi baru serta mampu mendorong dan mensuport perputaran ekonomi.