Aleg Kota Gorontalo Irwan Hunawa Soroti Rendahnya Penyerapan Anggaran Triwulan IV Tahun 2021

 

Info Gorontalo (IG) - Pemerintah Kota Gorontalo (Pemkot) menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) terkait penyerapan anggaran triwulan IV tahun 2021 dan persiapan pelaksanaan program kegiatan tahun 2022.

Rapat ini dipimpin oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha yang dilaksanakan di Bhathayo lo Yiladia Kota Gorontalo. Senin (10/01/2022)

Juga dihadiri oleh anggota DPRD Kota Gorontalo, Irwan Hunawa, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Majid, Kepala Kanwil DJPB, Plt. Asisten II serta para pimpinan OPD.

Rendahnya penyerapan anggaran disebabkan oleh beberapa penerbitan SK Pengelolaan Keuangan, terdapat beberapa kegiatan yang masih menunggu juknis, format yang memerlukan penyesuaian belanja akibat Covid-19, KPA dan PPTK yang kurang keterlambatan lelang, daftar belanja di E-Catalog belum lengkap.

Sehingga hal inipun disoroti oleh anggota DPRD Kota Gorontalo, Irwan Hunawa saat mengikuti Rakorev, Ia mengatakan bahwa adanya sejumlah program Pemerintah Kota Gorontalo yang belum terealisasi.

Salah satunya adalah pemberian bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat kota Gorontalo yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Kota Gorontalo dengan nilai lebih Rp 2 miliar.

Pihaknya juga selalu mengingatkan kepada pihak OPD setiap melakukan rapat di DPRD, namun menurutnya sering terjadi gagal paham komunikasi serta tidak sinkron antara satu sama lain.

“ Saya berharap di 2022 ini agar kiranya pelaksanaan kegiatan bisa sampai dengan seratus persen, ketika pelaksanaan itu tidak terlaksana maka yang akan dirugikan itu adalah masyarakat itu sendiri.” tandasnya
 

Laporan : Arman Poiyo