Pemkot Gelar Rapat Bahas Pelaksanaan Festival Kota Tua

Info Gorontalo - Walikota Gorontalo, Marten Taha menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan agenda pembahasan terkait dengan pelaksanaan kegiatan Festival Kota Tua, Senin (9/10/2023). 

Sebelumnya, pelaksanaan Festival Kota Tua memang mendapat respons yang negatif dari masyarakat. Namun hal itu tidak menyurutkan niat Marten untuk menggelar festival kebudayaan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang demikian itu justru akan dapat sangat membantu peningkatan perekonomian masyarakat Kota Gorontalo. 

Untuk meredam persepsi negatif dari berbagai elemen masyarakat tersebut, Marten menyebut perlu adanya sosialisasi yang lebih masif lagi terkait tujuan dan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini. 

Selain itu, Ia juga mengimbau kepada Organisasi Perangakat Daerah (OPD) terkait agar kiranya mampu mempercepat akselerasi penyelesaian proyek revitalisasi yang ada di lokasi kota tua tersebut. 

Walikota dua periode itu menjelaskan, adanya festival kota tua tidak serta-merta untuk kepentingan Pemerintah Kota Gorontalo, tapi ada kepentingan masyarakat diantaranya dari segi ekonomi yakni untuk meningkatkan serta memperkenalkan UMKM masyarakat, serta dari segi sosiologis untuk mempersatukan dan mengharmonisasikan kehidupan masyarakat yang pada dasarnya memiliki perbedaan suku, etnis dan kebudayaan. 

Oleh karenanya, Marten berharap, dinas terkait agar mampu bekerjasama untuk memberikan pemahaman, pengertian, serta penjelasan yang mendetail kepada masyarakat, serta mempercepat penyelesaian proyek yang ada di kawasan Kota Tua agar nantinya tidak akan ada hambatan yang berarti dari pelaksanaan kegiatan kebudayaan tersebut.